Selasa, 28 Maret 2017

Cara Menyimpan Sayuran dan Buah - Buahan


Sayur dan buah - buahan  merupakan salah satu menu yang wajib di hidangkan kepada tamu di setiap hotel dan restaurant, oleh karena itu, setiap hotel & restaurant selalu menyimpan sayuran dalam jumlah banyak sebagai stock atau persediaan. Karena tidak langsung diolah, maka sayuran dan buah buahan bisa busuk dan tidak tahan lama apabila kita tidak mengetahui cara penyimpanannya yang benar,sehingga dengan begitu tidak sedikit sayuran yang justru terbuang dengan sia-sia dan mengakibatkan biaya / cost makanan membengkak.

Supaya sayuran dan buah - buahan bisa bertahan lama dan tetap segar maka saat ini Anda jangan merasa khawatir, karena ada tips menyimpan sayuran agar lebih tahan lama dan tidak mudah layu. berikut ini Cara  Menyimpan Sayuran dan Buah - Buahan bisa bertahan lama dan tetap segar :

1. Cek dan teliti pada saat membeli atau menerima sayuran

Pada saat Anda  membeli sayuran dan buah - buahan sebagai persediaan, maka anda harus mengecek terlebih dahulu. pada saat sayuran atau buah - buahan diterima Anda harus lebih teliti lagi, yaitu anda haru membeli sayur yang masih segar, jangan membeli sayur yang sudah  tidak layu, sebab akan membuat sayur tidak bisa bertahan lama.

2. Cuci dan bersihkan sayur dan buah - buahan  yang baru di beli

cara menyimpan sayuran dan buah - buahan
Cara Membersihkan Sayuran & Buah - buahan
Jika semua sayur dan buah - buahan yang dibutuhkan sudah diterima, maka jangan lupa mencucinya sesuai dengan jenisnya. Seperti kelompk sayur hijau, dan  sayur lainnya seperti labu siam, wortel, lobak, terong, sawi putih dan lainnya, diharapkan dicuci satu persatu supaya benar-benar bersih. Sedangkan pada sayuran yang mudah lembek seperti oyong, Anda cukup mencucinya sebanyak 2 kali saja atau membilasnya, sebab sayur tersebut sudah memiliki kadar air yang cukup banyak. sayuran yang sudah dicuci jangan langsung disimpan, sebaiknya ditiriskan terlebih dahulu.

3. Jangan menyimpan sayur yang sudah dipotong

Hindari menyimpan sayuran pada saat sudah dipotong-potong, sebab Cara Menyimpan Sayur dan Buah - Buahan dalam keadaan utuh akan membuat sayur lebih tahan lama.

4. Pastikan tempat pendingin atau  kulkas selalu bersih 

Ketika hendak menyimpan sayur ke dalam kulkas atau lemari es, maka anda harus memastikan terlebih dahulu kulkas tersebut dalam keadaan bersih  dan pastikan juga jika kulkas bersuhu pas. Kulkas adalah tempat yang tepat buat menyimpan sayuran dan buah - buahan sebab suhu di dalamnya sejuk dan dingin. Suhu di dalam kulkas sebaiknya yaitu antara 1-4 derajat celcius. Apabila lebih tinggi dari itu maka bisa menyebabkan timbulnya bakteri yang bisa mempengaruhi rasa dan aroma makanan yang disimpan di dalamnya, sementara jika lebih rendah dari itu maka akan membuat sayuran beku.

5. Atur dengan benar sayuran dan buah - buahan di dalam kulkas

cara menyimpan sayuran dan buah - buahan
cara menyimpan sayuran dan buah - buahan
Anda harus mengetahui bagaimana caranya menata sayur yang baik dan benar di dalam kulkas. Kulkas memiliki saku lemari yang disimpan di pintu yang biasanya digunakan buat menyimpan telur juga minuman, badan kulkas seperti rak bersusun  dan bagian freezer, bagian yang tepat digunakan pada menyimpan sayuran adalah bagian badan kulkas. Di badan kulkas inilah anda dapat menata sayur dengan baik dan benar.

Pada umunya kulkas memiliki 4 lantai, dimana lantai yang paling bawah digunakan sebagai tempat menyimpan kelompok sayur hijau, sebab letaknya paling bawah maka memiliki suhu dingin yang stabil. Anda diharapkan menata sayur hijau dengan rapi agar bisa muat lebih banyak sayur.

pada lantai 2 bisa anda gunakan pada menyimpan sayuran yang memiliki kadar air rendah seperti wortel, kol, kacang panjang, buncis dan sebagainya. Suhu pada lantai 2 ini biasanya tidak terlalu dingin dan lantai 3 bisa anda gunakan sebagai tempat buah - buahan, pada lantai 4 bisa anda digunakan menyimpan sayuran berkadar air tinggi sebab suhu dilantai 4 lebih dingin dibandingkan dengan suhu yang lainnya. Sayur-sayuran berkadar air tinggi seperti terong, tomat, timun, cabai, paprika dan sayuran yang apabila disimpan dapat mengeluarkan air.

6. Masukan sayur ke dalam kantong plastik

cara menyimpan sayuran dan buah - buahan
Membungkus sayuran dengan plastik
Sebelum disimpan, sayuran dimasukan terlebih dahulu ke dalam plastik berlubang. Menyimpan sayuran ke dalam plastik pun merupakan salah satu cara tepat  mempertahankan sayuran supaya tidak mudah rusak, sebab ketika sayuran dibungkus oleh plastik dan disimpan di dalam kulkas maka hilangnya kelembaban sayur bisa lebih berkurang. bila dibandingkan disimpan tanpa dimasukan ke dalam plastik, maka sayuran akan lebih mudah kering.

Itulah Cara Menyimpan Sayuran dan Buah - Buahan agar tahan lama. Selamat mencoba.





0 komentar:

Posting Komentar